Friday, June 10, 2016

Pertanian Terpadu Berbasis Tanaman pangan

Pengertian Tanaman Pangan dan Hortikultura - Kita ketahui bahwa Indonesia adalah negara Agraris yang cukup besar dengan berbagai komoditi yang ditanam baik dari tanaman pangan, tanaman perkebunan maupun hortikultura. Mungkin anda masih ada yang kebingungan tentang pengertian dari tanaman pangan ataupun hortikultura? jangan khawatir pada pertemuan kali ini admin akan mengupass tuntas semuanya agar sobat dapat paham tentang dua jenis komoditi pertanian tersebut.

Pengertian Tanaman Pangan
Tanaman pangan adalah segala jenis tanaman yang di dalamnya terdapat karbohidrat dan protein sebagai sumber energi manusia. Tanaman pangan juga dapat dikatakan sebagai tanaman utama yang dikonsumsi manusia sebagai makanan untuk memberikan asupan energi bagi tubuh. Umumnya tanaman pangan adalah tanaman yang tumbuh dalam waktu semusim.

Jenis tanaman pangan
Tanaman pangan memiliki beragam jenis antara lain adalah sebagai berikut:

1.   Serealia

Serealia adalah sekelompok tanaman yang ditanam untuk dipanen dan dimanfaatkan bijinya atau sebagai sumber karbohidrat. Sebagian besar serealia termasuk dalam anggota suku padi-padian yang biasa disebut sebagai serealia sejati. Tanaman serealia yang banyak dikonsumsi manusia antara lain, padi, jagung, gandum, gandum durum, jelai, haver, dan gandum hitam. 

2.   Biji-bijian

Biji-bijian adalah segala tanaman penghasil biji-bijian yang didalamnya terkandung karbohidrat dan protein. Tanaman biji-bijian yang sering kita konsumsi antara lain seperti kedelai, kacang tanah dan kacang hijau.

3.   Umbi-umbian

Tanaman pangan selanjutnya berasal dari jenis umbi-umbian. Tanaman umbi-umbian adalah tanaman yang ditanam untuk dipanen umbinya karena di dalam umbi terdapat kandungan karbohidrat untuk sumber nutrisi bagi tubuh. Tanaman umbi-umbian yang biasa dimanfaatkan manusia antara lain seperti ubi kayu (singkong), ubi jalar (muntul), talas, wortel, kentang, ganyong dan sebagainya.

4.   Jenis tanaman lainnya

Selain ketiga jenis tanaman pangan yang telah disebutkan diatas. Tanaman pangan juga ternyata ada yang terdapat diluar ketiga jenis tersebut seperti sagu yang diambil batangnya dan sukun yang merupakan buah.

Nah demikian bahasan dari Pertanian Terpadu Berbasis Tanaman pangan, ada pun kelebihan maupun kekurangan saya tolong di kritik dan diberi saran, kita bahas bahasan selanjut nya yaitu Pertanian Terpadu Berbasis hortikultura, 
Untuk bahasan yang lain nya tentang Ruang Lingkup Pertanian bisa di Buka Disini..

0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com